Motivator : Modalnya Tahu Cara Buka Pintu

Posted: April 12, 2013 in My Dokument

 

Motivator adalah orang yang mampu membangkitkan untuk timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu yang lebih baik. Jadi motivator adalah penyalur energi aktif yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri sesorang yang nampak pada kejiwaan, perasaan, dan juga emosi, sehingga mendorong seseorang untuk bertindak atau melakukan sesuatu dikarenakan adanya keinginan, kebutuhan ataupun tujuan yang harus dicapai. Sehingga seorang menjadi memiliki motivasi tinggi dan sehingga dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang.

Banyak cara dan media yang bisa digunakan untuk menyalurkan ide serta “mantra” saktinya untuk menyalurkan energi para motivator. Mulai dari bentuk tatap muka langsung secara pribadi maupun secara massal. Ada juga yang menggunakan buku sebagai “kitab” ajaib agar bisa dibaca oleh para insan yang menginginkan tambahan energi motivasi. Media lain yang lebih populer dengan bentuk tayangan gambar dan suara dari keping vcd hingga tayangan televisi. Dengan banyaknya ragam media tersebut maka pilihan terbaik terserah pada para pencari “pencerahan”. Motivator hampir semuannya mengatakan bila uang yang dikeluarkan untuk membeli dan membayar kebutuhan tersebut akan selalu diartikan investasi. Sebab mereka berkeyakinan bahwa uang yang sudah dibayarkan akan menghasilkan yang lebih dari nominal yang sudah dikeluarkan, padahal sebenarnya ya sama saja tetap keluar uang yang hasilnya belum tentu juga ada.

Seorang motivator yang sukses harus mempunyai kemampuan berbicara dan menulis yang mumpuni. Kemampuan berbicara dalam bentuk komunikasi interpersonal serta publik speaking menjadi sangat penting karena disitu letak kuncinya. Bisa saja materi yang disampaikan tidak jelas bahkan tidak bermutu yang penting harus pandai cuap-cuap. Secara sederhana motivator hanya akan menyampaikan sesuatu yang sifatnya seperti bagaimana cara buka pintu. Mau tahu caranya?

Semua pembaca pasti tahu apa itu pintu, tempat di mana kita masuk-keluar dari suatu tempat atau ruangan. Di pintu sering kali ada tulisan dorong dan tarik sebagai petunjuk cara membuka pintu tersebut. Mana kala kita ingin menjadi motivator maka pilihannya adalah “dorong” atau “tarik” orang yang perlu dimotivasi agar segera bergerak atau gerakannya semakin cepat. Dengan mengikuti pola cara kerja buka pintu tadi maka motivator cukup berkreasi pada 2 hal saja. Ibaratkan motivator dengan nuansa religi maka umatnya cukup didorong dengan ditakut-takuti pada siksa neraka, jika dengan ditarik maka dijanjikan iming-iming sebuah taman surgawi. Di dunia kerja sering kali diberikan ancaman berupa pemotongan gaji dan pemecatan sedangkan iming-imingnya adalah naik gaji dan promosi jabatan. Atau kita orang tua sering kali juga menakut-nakuti anak untuk berbuat baik dan sering kali juga mengiming-imingi hadiah jika anak telah melakukan perbuatan baik.

Apabila ini dilakukan maka semua orang akan mampu menjadi motvator apalagi hanya modal ngomongan saja sangatlah mudah sekali. Tauladan dalam bentuk perilaku serta tindakan akan lebih sulit untuk dilakukan daripada sekedar “omdo” yang tidak jelas dan bahkan tidak bermutu. Sebenarnya seorang morivator seharusnya menyampaikan pesan berdasarkan pengalaman yang pernah dijalani dan sudah ditekuni sekian lama tidak bisa langsung berbicara didepan umum tanpa landasan yang kuat. Dasar pengalaman yang dimiliki akan dengan mudah memahami karakter manusia-manusia yang didik atau dilatihnya. Selain itu akan membuat motivator lebih bisa mengkhususkan terhadap kajian persoalan dibidang atau hal tertentu saja dan tidak seperti motivator indonesia yang secara umum memberikan solusi persoalan disegala bidang. Padahal jika kita telusuri para motivator hanya memiliki prestasi dibidang tertentu saja. Sebenarnya kita harus menyadari bahwa keberhasilan dibidang apapun selalu memerlukan perjuangan serta doa yang dalam perjalanannya akan menemui banyak rintangan, kegagalan, sedih, kecewa dan khawatir.

Keberhasilan menggapai sebuah kesuksesan dan kaya tidak harus mengikuti ceramah atau mendengarkan omongan orang lain. Namun kini masyarakat merasa tidak akan sukses dan kaya jika tidak mengikuti semacam seminar ataupun mendengarkan mimbar yang menampilkan seorang motivator ternama. Hal ini sebetulnya juga tidak salah, kadang kita perlu penyegaran kembali namun yang perlu adalah mencontoh orang sukses dengan prestasi yang benar-benar telah terbukti dengan memperhatikan cara dalam menggapai sebuah kesuksesan. Jika kalau kita ingin sukses dan kaya dengan selalu mendengarkan dan mengikuti setiap acara yang dibuat oleh motivator maka yang akan sukses dan kaya adalah motivator itu sendiri dan bukan yang mendengarkan dan mengikuti kegiatannya karena kita akan selalu mengeluarkan uang sedangkan motivator cukup obral omongan maka uang akan diterimanya semakin bertambah banyak.

Motivator telah menjadi bisnis yang bisa membuat orang begitu mudah ngomong. Banyak petuah dan kata-kata indah dan mudah untuk diucapkan padahal akan sangat sulit untuk dilakukan bahkan oleh si motivator itu sendiri. Motivasi terbaik dalam hidup adalah rasa puji syukur terhadap nikmat yang telah didapatkan dan menjalani indahnya hidup secara wajar dan senantiasa berusaha serta serta berdoa agar jalan mencapai tujuan dapat dilalui dengan mudah. Bukan dengan mendengar omongan-omongan yang hebat dan sekali lagi bahwa ngomong jauh lebih gampang daripada menjalani. Kita akhirnya cukup membangun motivasi diri sendiri dalam mencapai cita-cita dan menempatkannya sebagai TEKANAN atau TANTANGAN hidup. Ibarat cita-cita ada dalam sebuah ruangan yang tersekat oleh sebuah pintu maka untuk kita dapat menggapainnya harus melalui dengan membuka pintu tersebut. Pilihannya terserah masing-masing orang mau dengan di TARIK atau DORONG.

Salam Semangat Selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s